Sabtu, November 01, 2008

Sekolah ato menikah


Malem ini , madiun sempat diguyur hujan meskipun nggak deras tapi cukup menyejukkan. Sore tadi aku sempet keluar sama anak - anak dan ayah sebagai balasan anak - anak udah belajar keras selama seminggu ini . Disela- sela waktu santai selepas les AGAMA di rumah . Mbak Ama sempat tanya . Pertanyaannya nggak tanggung - tanggung . Permasalahan yg sempat muncul di infotaiment akhir - akhir ini . Tentang ? tentang Ulfa .... Ulfa siapa sih..... ulfa yg menikah pada usia 12 tahun dengan Syeh Puji itu....


Mba Ama : Bu.... ulfa itu berarti nggak sekolah lagi dong...Karena jawaban sebenarnya aku nggak tau . Aku tanya balik emang kenapa ?

Mba Ama : Ya.... iyalah kenapa juga ulfa sekolah. Khan katanya udah menikah .

Ibu : Meskipun menikah kan masih boleh sekolah juga kan mbak ?

Mba Ama : Ibu ini gimana sih... sekolah kan nantinya biar bisa kerja dapet duit . Kan sekarang
Ulfa sudah menikah dengan orang kaya ...... ngapain harus capek - capek sekolah......

Kaget juga aku denger jawaban itu . Tapi bener juga yah... sekolah kan nantinya buat bekal kerja ... biar dapet duit . Lha kalo sekarang .. sudah punya duit banyak.... Tapi aku masih penasaran dengan jalan pikirannya . Karena kebetulan dek Ema ada di sebelahnya dia ikutan nimbrung juga.

Dek Ema : Tapi mbak , kan nggak enak masih kecil sudah menikah .... ntar ndak bisa maen -
maen dong kaya kita.... Mbak ama aja umurnya berapa ......emang mau menikah kaya
itu ( maklum dek ema sering nggak fokus sama satu masalah ... jadinya nggak ngerti
siapa sih sebenernya yg diomongin ? )

Mba ama : 9 taun . Iya juga sih dek .... nanti kalo mau berenang ...... masak suruh nganter
suaminya yang sudah tua itu ..... dikira kakungnya dong......( Ha.... ha..... mereka
ber2 ketawa ) .

Akhirnya aku beranikan untuk bertanya kepada 2 putri kecilku. Emang kalian mau kaya Ulfa ....

Mba : No.... no... tidak setuju

Ade : Tidak mau ....

Mending kaya sekarang aja ..... kita masih berteman ama natasya , ama vina ..... De ema menjawab dengan semangat . TRus pasti nanti nggak bisa maen - maen lagi , disuruh nyuci , masak....( yach.... jadi pekerjaan rumah ibunya dibawa - bawa )

( Alhamdullillah ...! ) Untung mereka berdua sudah paham meskipun kulit luarnya saja bahwa menikah di usia muda bukan pilihan terbaik . Apapun alasannya.

Paling tidak mereka sedikit mengerti bahwa harta dan kekayaan bukanlah tujuan akhir. Apalagi kalau harus digadaikan dengan masa muda mereka . Pameo Muda harus banyak berkarya kayaknya mulai merasuk ke jiwa mereka . Mumpung masih muda boleh aja bermimpi pengen jadi apa ... karena siapa tau... satu diantara sekian banyak mimpi mereka bisa terwujud . Karena mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia ( weleh... weleh... itu kan liriknya laskar pelangi ) .

Tapi betul juga , bisa jadi banyak mimpi di pikiran mereka berdua yg membuat mereka tetap bersemangat untuk bikin prestasi sebanyak - banyak nya . Karena semua orang berhak punya mimpi . Dan mimpi itu bisa saja terwujud kalo mereka mau berusaha , tidak mudah putus atas , Semua pasti bisa , dan jangan lupa berdoa . Berlari - lah tanpa lelah sampai engkau meraihnya
Sayangku... ( Amien .....amien )
Jadi kalo ada pertanyaan sekolah ato menikah ? Kayanya nggak perlu ada jawaban dech... soalnya jelas - jelas itu bukan pilihan mereka untuk saat ini . Karena memang memilih belum waktunya buat mereka .

( Banyak cinta dan sayang untuk Andhita dan Anselma )

Tidak ada komentar: