Senin, Maret 16, 2009

" SEHARI JADI PETANI "




Siapa sih yg pengen jd petani ? Tapi kalo ditanya siapa yang mau panen singkong , ambil ikan di kolam pasti dech jawabannya semua pada mau. Demikian juga agenda kita sekeluarga di Sabtu 14 Maret 2009 lalu . Sekolah Ade kecil kebetulan ngadain piknik ke Amanah Kids bond . Tempat yg cukup luas di daerah Karanganyar – Jawa tengah. Kita berlima semua pada ikutan ( Keluarga besar ) . Buat nyupport mereka kita berdua bela – belain ngikuti mereka .

Berangkat jam 5 ¼ pagi kita nyampe di lokasi jam 9 ¼. Langsung tanpa istirahat anak – anak dikumpulkan di lapangan rumput , buat dikelompokkan . Dilanjutkan sarapan pagi pake bubur kacang ijo n roti tawar . Puas sarapan anak – anak belajar bikin pizza . Setelah itu perjalanan mereka menjadi petani dimulai.


Rute pertama : Ke kandang sapi , kambing dan kelinci buat kasih makan mereka . setelah itu mereka ke dapur pembuat kue . Karena ternyata Amanah juga punya dapur kue yg cukup besar . Kue apa roti ya.. kayanya roti dech . Anak – anak sempat diajak masuk ke situ .
Setelah itu mereka ke bawah buat liat kolam ikan yg cukup besar n kasih makan .
Naek lagi mereka kmdian menyebrang ke lokasi di depan amanah tepatnya di areal persawahan . Lumayan anak – anak diajak panen ubi . Masing – masing anak dapet beberapa biji buat dibawa pulang . Berhubung anak buahku ada 3 ( Ama , ema n Andra ) lumayan juga kalo dikumpulkan ubinya ( he…. He… kata ade mau dibikin kolak ).


Setelah itu …. Keteledoranku yg pertama . Gara – gara mampir sebentar ke Saung buat naruh ubi . Aku kehilangan jejak anak – anak yg kata mereka mengasyikkan . Karena mternyata mereka turun ke bawah maen di sungai n lumpur ( tuch kan juru potretnya nggak ikut ) .
Setelah cukup lama aku nunggu ketemu juga anak – anak . Untuk yg satu ini anak – anak ambil ikan di kolam . Ini kelihatannya kegiatan mereka terakhir di luar . Karena setelah itu anak – anak diajak mandi bareng . Wow… tempat mandi berderet – deret . Ada kejadian lucu waktu di sini . Karena ade sudah bersabun ria … eh airnya macet . Padahal Ama , Ema juga udah basah semua . Tunggu punya tunggu beberapa menit kemudian air kembali mengalir lancar. Belum lama istirahat bersama ayah – ibu di saung . Anak – anak sudah kembali di panggil di Aula . Mereka makan siang bersama dengan lauk ayam ditemani badut .


Kesalahan kedua . Saat aku jenguk mereka saat itu aku lupa bawa kamera . Kutinggal sesaat ternyata ema dapet doorprise . Nasib … Memang susah kalo wartawan pengen dapaten moment terbaik .

Setelah itu sekitar jam 3 saat anak – anak selesai dgn acaranya kita langsung masuk bus , untuk bergerak menuju Solo .

Nyampe solo , udah sore mo ngapain ... belanja baju .. nggak hobi dech . Akhirnya ya jalan aja ke alun - alun yg kebetulan ada pasar malem .

Setelah itu cabut dech pulang ke Madiun . Nyampe Madiun sekitar jam 9 malem . DUch... perjalanan yang melelahkan sekaligus menyenangkan buat anak - anak.

Tidak ada komentar: