Minggu, Oktober 19, 2008

Asam Urat dateng lagi

Hari ini sebenernya nggak ada rencana kemana - mana sih ..... kan hari Minggu . Cuma karena tadi malem nggak bisa tidur ... yah.... terpaksa .... hari ini buruan bangun segera beresin pekerjaan rumah n tidur. Tapi ya... tetep aja nggak bisa . Pagi denger sayup - sayup berita dari Tv trus diganti sama dek Ema dgn film kartun .... yah terpaksa bangun dech... Inget juga cucian hari ini segunung banyaknya .

Eh.. tapi coba kenapa sampai tadi malam nggak bisa tidur , bahkan sempet nonton Jack Nicholson sampai akhir , sekitar jam setengah 4 - an ?? . Kaki ayah bengkak , sore kemaren sih bilangnya ke-cekluk ( bahasa indonesianya apa yah... ) Tapi setelah dikasih Param Kocok extra Hot tetep aja nggak ngaruh ... akhirnya kecurigaanku semakin beralasan kalo ayah aSam Uratnya kambuh lagi nih ... Terpaksa malam - malam nyari obat asam uratnya ayah . Yang seharusnya 3 cuma ketemu satu . Y udah... satu itu dulu yg diminum.

Gara - gara itu hari ini aku jadi pengen tau lebih jelas tentang Asam urat karena kalo ayah kena asam urat , jelas aja .... jalannya jadi nggak bener . Apalagi setelah dinterogasi sama mbak Ama , ayah ngaku kalo kemaren sempet ngabisin kacang telor n emping . Kebetulan yangtie goreng emping sisa lebaran kemaren . Jadi... ya begitu dech...

Nach sekarang kita sama - sama belajar ya... apa sih Asam Urat itu ?
Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat purin dan ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadarnya dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni. Namun jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan.

Kandungan asam urat yang tinggi menyebakan nyeri dan sakit dipersendian yang amat sangat, jika sudah sangat parah, penderita bisa tidak bisa jalan.

Makanan yang harus dihindari jumlahnya :
- minuman fermentasi dan mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, dan tuak.
- jangan sentuh sama sekali makanan laut udang, remis, tiram, kepiting, salmon.
- berbagai jenis makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi
- Berbagai jeroan seperti hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus,
- buah-buahan tertentu seperti durian, alpokat dan es kelapa.

Pantangannya sudah pasti kacang- kacangan, sayuran hijau seperti kangkung, bayam, kemangi, lamtoro, emping, kol dan tauge

Bagi anda yang kesulitan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, dapat menerapkan alternatif konsumsi buah sebagai berikut :

Labu Siam. Makan saja Buah Labu Siam …boleh yg kecil boleh yg besar. Caranya gampang…boleh dikukus, direbus setengah matang atau di juice dalam keadaan mentah setelah dibersihkan dan dibuang getahnya (khusus yg besar,yg kecil tidak usah dibelah 2)Buah yg Kecil dikonsumsi @5 bh 3 X sehari. Buah yg Besar dikonsumsi @1 bh 3 X sehari. Silahkan dicoba…tapi tolong jangan dimakan dengan bumbu kacang , karena nanti tidak ada efeknya (Kacang kan mengandung purin).

Obat alternatif lain untuk Asam Urat adalah :
a. Sirsak dimakan begitu saja atau dijuice, dimakan/minum tiap hari.
b. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas, diminum pagi dan
sore. kemudian airnya diminum selagi hangat.
c. Cuka apel yang sudah jadi dan dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2
sendok makan cuka apel plus air hanagt -/ 50 cc dan diminum selama 1 minggu pagi bangun
tidur dan kalo’ mau tidur malam. kentang mentah dan apel malang di juice .

Ini dicopypaste dari : Forum Konsultasi Kesehatan

Dari sini emang udah jelas.... mengkonsumsi apapun nggak boleh berlebihan , meskipun itu makanan kesukaan kita . Tergantung kontrol diri . Jadi kalau kita bisa mngontrol diri dengan baik , kitalah pemenangnya .

Gimana yah... masih mau dicoba lagi makan emping banyak - banyak ? Karena kebetulan di meja belakang , emping yangtie masih setengah stoples.....

Tidak ada komentar: